Beranda » Blog » Portal Pendidikan BOSPEDIA untuk Kebutuhan Pembelajaran Online

Portal Pendidikan BOSPEDIA untuk Kebutuhan Pembelajaran Online

Salah satu kebutuhan mahasiswa dan para pelajar saat ini adalah ketersediaan media belajar online, sebagai salah satu bentuk dari perkembangan dunia teknologi informasi yang semakin pesat di era digital saat ini.

Dan salah satu media belajar yang bisa kamu manfaatkan untuk melatih adalah ah blog yang bernama BOSPEDIA. Blog ini merupakan salah satu media pembelajaran untuk para pelajar tingkat SD, SMP, SMA dan bahkan untuk kalian yang saat ini duduk di bangku kuliah atau berstatus sebagai mahasiswa di perguruan tinggi

Walaupun blog ini masih menggunakan platform blogspot, namun memiliki tampilan yang profesional dan content yang bukan kaleng kaleng.

Situs ini dibuat oleh owner yang bernama Riolan yang berasal dari Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau. Anak Muda ini menyelesaikan Studi S1 nya di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Kembali membahas seputar situs bospedia, tidak hanya konten seputar soal pembahasan dan kunci jawaban, bospedia kini juga memberikan berbagai konten edukatif lainnya seperti informasi seputar kuliner, teknologi, kesehatan, wisata dan panduan umum lainnya.

Dengan berbagai informasi yang diberikan Di Dalam situs ini, dapat membantu para pelajar dan mahasiswa untuk menemukan materi pembelajaran serta soal-soal dan jawaban lengkap sesuai dengan mata pelajaran dan tingkat pendidikannya.

Apabila kita melihat melalui kategori dihalaman utama bospedia yang terdiri dari beberapa menu utama, di sana terdapat submenu dari tingkatan sekolah mulai dari SD, SMP, SMA dan SMK.

Jadi apabila kamu ingin melihat materi pelajaran dan soal-soal sesuai dengan tingkatan pendidikan kamu bisa melihat langsung di sub menu di atas. Namun apabila kamu ingin melihat materi pelajaran berdasarkan kelas kamu bisa langsung memilih menu yang berada di side Bar atau sebelah kanan.

 

Situs Belajar Minim Iklan

Bospedia juga menjadi salah satu situs pembelajaran yang memiliki tampilan sederhana, clean dan cepat untuk diakses. Penempatan iklan yang tidak terlalu mengganggu pengunjung juga menjadi salah satu nilai lebih dari situs ini.

Karena seperti yang kita ketahui ada banyak sekali situs atau blog belajar yang menempatkan iklan atau banner yang sangat mengganggu seperti iklan pop up atau melayang yang justru akan memper buruk pengalaman pengunjung ketika mengakses situs tersebut.

Kita tentunya sangat sebal apabila mengunjungi suatu situs namun memiliki iklan yang mengganggu seperti iklan pop up, floating ads dan bahkan iklan yang mengandung malware yang bisa membahayakan perangkat kita.
Sehingga di bospedia, kamu dijamin akan nyaman untuk berlama – lama di blog ini. Karena untuk desain, tata letak dan pemilihan warna situs memiliki kesan yang user friendly dan mobile experience tinggi.

Satu lagi yang lebih penting dibandingkan minimalitas iklan, yaitu ketersediaan navigasi yang lengkap, sehingga bisa membantu kita untuk mencari materi yang kita inginkan di dalam suatu website. Dan bospedia menyajikan itu dengan baik.

 

Mengapa Bospedia Menjadi Besar?

Kemudian muncul pertanyaan mengapa situs Bospedia memiliki kekuatan brand yang cukup kuat untuk bersaing dengan korporasi atau perusahaan besar seperti Quipper atau brainly? Selain karena situsnya yang sudah memiliki alamat domain yang cukup lama dan juga banyak yang melakukan review positif terhadap blog ini

Berdasarkan pantauan dari admin sibakua, dari penelusuran situs whois, alamat domain bospedia sudah didaftarkan sejak tahun 2015, sehingga membuat kekuatan brand dari domain ini sangat kuat dan mudah dikenali oleh pengunjung

Kemudian blog ini juga memiliki backlink yang kuat dan berkualitas sehingga menjadikan peringkat DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority) nya tinggi. Ini juga merupakan salah satu indikator kualitas suatu domain

Tidak hanya faktor age domain saja, strategi promosi dan branding yang dilakukan oleh Riolan, sang pemilik blog terbilang cukup sukses untuk membesarkan blog. Salah satu blogger Yang berpengalaman, Beliau juga sudah pasti mengoptimasi setiap keywoard yang diletakkan pada artikel. Serta optimasi off page dan on page dari teknik search engine optimize.

 

Kelebihan Bospedia

Berbicara mengenai kelebihan, tentunya adalah nilai dari suatu yang tidak dimiliki oleh situs lain. Dan ketika kita bandingkan bospedia dengan portal pendidikan besar lain seperti Quipper, Zenius, Ruangguru dan lainnya, tentu sudah bisa dikatakan bersaing.

Lantas mengapa ini merupakan suatu kelebihan? Bospedia adalah blog personal yang dikelola oleh perseorangan bisa bersaing dengan portal pendidikan besar yang dikelola oleh korporasi atau perusahaan dengan modal yang tentunya juga besar.

Selain itu, untuk membuktikan pernyataan admin sibakua diatas, melihat saja mengenai traffic perharinya yang sampai 100000 lebih pengunjung. Hal ini merupakan prestasi yang gemilang mengingat blog ini masih menggunakan platform gratisan blogspot.

Dan tentu saja artikel yang ada didalamnya termasuk materi dan pembahasan soal akan terus di-update setiap hari dan menjadikan kontennya semakin kaya, dengan demikian blog ini tetap akan mendapatkan tempat di kalangan akademik.

 

Saran Kepada Owner Bospedia Kedepannya

Blog Bospedia dengan owner Riolan memang bisa dikatakan sebagai blog besar yang sudah punya nama dan brand, walaupun masih menggunakan platform blogspot.

Buktinya beliau mampu menyaingi bahkan melampaui website besar yang bertemakan pendidikan lainnya dengan platform yang jauh lebih powerfull, misalnya wordpress cms.
Puluhan ribu unique visitor setiap hari adalah bukti bagaimana situs ini elah mendominasi halaman penting di mesin pencari dengan keyword tinggi competitor.

Menurut admin sibakua pribadi, situs ini akan berkembang seiring bertambahnya artikel dan strategi promosi yang dilakukan oleh ownernya kedepan. Karena inti dari blog yang besar adalah konsistensi dan kedisiplinan dalam hal menerbitkan artikel.

Persaingan merebut posisi penting di Mesin Pencari oleh ratusan website sejenis, akan berlomba-lomba melakukan segala hal agar bisa berkuasa dan kokoh di puncak.

Memiliki blog besar seperti bospedia bukan berarti tidak memiliki kekurangan sama sekali. Karena berdasarkan penilaian admin pribadi, situs blog ini masih memiliki skor GTMETRIX yang rendah sebesar 50-60%, dan pagespeed test untuk tampilan mobile sebesar 24%.

Kesimpulannya adalah bahwa kecepatan situs masih harus diperhatikan oleh pemilik blog ini untuk meningkatkan kepuasan pengalaman pengguna. Saat ini faktor page speed atau kecepatan situs menjadi salah satu faktor yang sangat diperhatikan oleh Google dalam melakukan rangking di pencarian.

Saran admin sibakua pribadi, ada baiknya pemilik blog bospedia harus mengganti template ke template premium yang lebih ringan, seo dan mobile friendly. Hari ini untuk menjaga page rank dan pengalaman pengunjung.
Well, mungkin apabila beliau membaca artikel review ini, bisa mempertimbangkan saran dan kritik dari admin sibakua ini.

Baiklah sekian mengenai review dan ulasan singkat mengenai blog bospedia yang ditulis secara manual oleh admin sibakua kali ini. Semoga kita semua bisa terinspirasi dari nama besar yang dihasilkan oleh blog ini yang tentunya dimulai dari nol hingga menjadi situs besar yang menghasilkan banyak dollar setiap harinya.

Reza Harahap

Reza Harahap adalah owner SIBAKUA. Seorang Blogger, Youtuber dan Investor. Senang belajar bisnis keuangan. Website ini memberikan peluang usaha, ide bisnis, finansial, tutorial, pekerjaan dan contoh informasi yang berguna lainnya.

Share on: