Cara Daftar dan Perpanjang STR Online untuk Perawat dan Tenaga Kesehatan

Apakah kamu sedang mencari panduan registrasi STR secara daring? Bagi tenaga medis atau kesehatan mendapatkan sertifikat tanda registrasi untuk keabsahan profesi mereka adalah sesuatu yang harus dilakukan. Berikut ini sibakua akan memberikan panduan nya secara lengkap.

Surat tanda registrasi adalah suatu dokumen legal yang diberikan oleh pemerintah sebagai pihak yang berkuasa untuk mengeluarkan STR kepada tenaga medis yang sudah memiliki sertifikat kompetensi. Dokumen ini adalah bukti dan syarat utama untuk bisa melakukan kegiatan pelayanan kesehatan

STR ini dikeluarkan oleh lembaga yang bernama majelis tenaga kesehatan Indonesia yang bertugas untuk menjamin kualitas tenaga kerja kesehatan di Indonesia. Nantinya majelis tenaga kesehatan Indonesia akan mengumpulkan berkas atau dokumen fisik melalui majelis tenaga kesehatan provinsi.

Baca juga : 20 Aplikasi Belajar Biologi untuk Anak Sekolah

Surat ini berlaku selama 5 tahun dan diperpanjang lagi setiap 5 tahun sekali. Dahulu untuk mengurus surat ini kamu harus melakukan pendaftaran secara manual. Kini sudah ada inovasi terbaru mengenai pendaftaran STR secara online yang bisa dilakukan lewat laptop atau komputer menggunakan jaringan internet.

Tentu saja hal ini akan mempermudah tenaga kesehatan untuk bisa mendapatkan STR dengan lebih efektif dan efisien. Apabila kamu masih bingung bagaimana cara registrasi secara online kamu bisa membaca panduannya di bawah ini.

 

Panduan Registrasi STR Online

Untuk membuat Permohonan STR secara online, Kamu harus masuk ke halaman web STR Online Ver 2.0 (http://ktki.kemkes.go.id), jika sudah masuk ke situs tersebut maka akan muncul halaman depan.

Kemudian Kamu akan diminta untuk memilih menu Registrasi, maka akan muncul tampilan seperti berikut:

str online

Pada gambar tampilan tersebut, jika Kamu belum memiliki PIN, maka pilih menu “Belum Punya PIN”.

Untuk mendapatkan PIN, Kamu akan diminta untuk membuat akun terlebih dahulu dengan tampilan seperti berikut ini:

Pada tampilan diatas, Kamu diminta untuk mengisikan data seperti Email, No KTP dan Captcha kemudian pilih menu Daftar.

Setelah Kamu mengklik tombol Daftar, dan data yang Kamu masukan valid, maka akan muncul pemberitahuan. Sesuai data yang sudah Kamu masukan pada tampilan sebelumnya, maka secara otomatis data terisi lengkap sehingga Kamu harus ceklis pada kolom agar pendaftaran dapat dilakukan.

Setelah Kamu berhasil mendaftarkan akun, maka Kamu akan menerima PIN yang dibuktikan dengan pemberitahuan sukses mendapatkan PIN

Sebelum masuk ke aplikasi, Kamu harus memperhatikan ketentuan-ketentuan yang ada seperti dibawah ini:

Pada ketentuan diatas, sobat sibakua diminta untuk ceklis terlebih dahulu kemudian pilih menu Registrasi Baru untuk permohonan STR Baru.

Setelah Kamu memilih menu Registrasi Baru, maka akan muncul tampilan baru. Jika sobat sibakua lulusan diatas tahun 2013, maka Kamu harus memilih menu Lulusan Diatas Tahun 2013, maka gambar tampilannya seperti berikut:

Pada menu tersebut Kamu diminta untuk mengisikan data seperti Perguruan Tinggi, Program Studi dan Nomor Induk Mahasiswa. Jika data Kamu tidak ditemukan atau error maka akan muncul peringatan pada ujung kanan tampilan layar. Untuk itu, Kamu bisa menghubungi Institusi Kamu agar melengkapi data Kamu.

Setelah data Kamu sudah benar, maka Kamu bisa memilih menu Konfirmasi Data ke Kemenristekdikti maka akan muncul tampilan seperti berikut:

Pada tampilan diatas, Kamu diminta untuk ceklis terlebih dahulu guna memastikan bahwa data Kamu sudah benar, kemudian pilih tombol Mulai.

Setelah Kamu mengklik tombol Mulai, maka Kamu diminta untuk mengikuti langkah-langkah (ada 3 step) selanjutnya seperti gambar dibawah ini:

Pada langkah pertama mengenai Info Pribadi, sobat sibakua akan diminta untuk memasukkan berbagai dokumen yang dibutuhkan seperti:

  • Pas Foto Resmi
  • KTP
  • Ijazah
  • Nomor Sertifikat Kompetensi
  • Surat Kesehatan
  • Pernyataan Sumpah Profesi
  • Surat Pernyataan Patuh pada Etika Profesi
  • Serta data yang diminta oleh sistem lainnya

Setelah lengkap pengisian langkah 1, kemudian Kamu diminta untuk mengisikan langkah kedua dengan tampilan seperti berikut:

Pada langkah 2 tentang Info Administrasi, Kamu diminta untuk mengisikan data secara lengkap yang meliputi:

  • Jenis Tempat Kerja
  • Status Tempat Kerja
  • Nama Tempat Kerja
  • Alamat Tempat Kerja
  • Provinsi Tempat Kerja
  • Kabupaten Tempat Kerja
  • Telepon Tempat Kerja

Sesudah mengisi langkah 2 secara lengkap, maka Kamu dapat lanjut ke langkah 3. Pada langkah 3 tentang Uji Kompetensi, Kamu diminta untuk mengisikan data lengkap mulai dari:

  • Nomor Sertifikat Kompetensi
  • Tanggal Sertifikat Kompetensi
  • Tempat Uji Kompetensi
  • Tanggal Uji Kompetensi

Jika sudah benar semua, maka pilih menu Selesai. Jika proses berhasil, maka akan muncul tampilan sukses pada layar seperti dibawah ini

Kemudian Kamu bisa melakukan Pengecekan Permohonan STR melalui menu pada tampilan yang ada. Jika permohonan STR Kamu disetujui, maka akan muncul tampilan sukses dilayar perangkatmu.

Permohonan Kamu telah disetujui, langkah selanjutnya Kamu diminta untuk melakukan pembayaran sesuai nominal yang tertera dengan kode billing yang sudah ditetapkan melalui bank yang sudah ditunjuk.

Setelah melakukan pembayaran, silahkan pantau email Kamu atau dibagian cek status untuk mendapatkan konfirmasi dan info terbaru.

STR milik sobat sibakua akan dicetak dan dikeluarkan oleh lembaga Sekretariat KTKI (Majelis Tenaga Kesehatan Indonesia)

Sobat juga dapat mengecek STR Online Ver 2.0 via QRCODE, dengan tampilan seperti dibawah ini:

STR akan dikirim melalui Kantor POS Kecamatan sesuai dengan isian alamat yang sudah Kamu isi sebelumnya. Selesai. Itulah cara dan alur pengurusan STR Online untuk Permohonan STR Baru versi 2.0 KTKI.

Bagaimana dengan alur pengurusan untuk perpanjangan STR? Seperti yang sobat tahu, STR baik dari pengurusan konvensional maupun pengurusan online, tetap harus diperpanjang sekali dalam lima tahun. Berikut langkah-langkahnya.

 

Panduan Perpanjangan STR Online

Seperti halnya untuk pengurusan STR Baru, sobat sibakua juga diharuskan untuk melakukan pembuatan akun. Silahkan ikuti proses seperti diatas sampai langkah terakhir diatas.

Kemudian apabila sudah sampai pada tahap terakhir diatas, maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini:

Pada ketentuan diatas, sobat diminta untuk klik ceklis terlebih dahulu kemudian memilih menu Perpanjangan. Setelah Kamu memilih menu Perpanjangan, maka akan muncul tampilan seperti berikut:

Setelah itu silahkan isi berbagai langkah yang terdiri dari 3 prosedur seperti pada permohonan STR Baru. Perbedaanya, ketika Kamu melakukan Perpanjangan STR, maka ada beberapa berkas yang harus Kamu siapkan dan upload pada tahap ini, diantaranya:

  • Pas Foto Resmi Background Merah
  • Surat Keterangan Sehat dari Dokter yang memiliki SIP
  • STR Lama
  • Surat Rekomenasi Organisasi Profesi
  • Nomor Surat Rekomendasi
  • Tanggal Surat Rekomendasi

Langkah selanjutnya, sobat sibakua cukup mengikuti arahan tampilan yang muncul. Prosesnya tidak jauh beda dengan permohonan STR Baru. Setelah step 1-3 diisi dengan benar, maka akan muncul tampilan permohonan Perpanjangan STR disetujui seperti berikut ini:

Selanjutnya kamu melakukan pembayaran sesuai nominal yang tertera dengan kode billing yang sudah ditetapkan melalui bank yang sudah ditunjuk dan bekerjasama dengan pemerintah, dalam hal ini.

Setelah melakukan pembayaran, silahkan pantau email sobat atau dibagian cek status untuk mendapatkan konfirmasi dan info terbaru. STR akan dicetak pada kantor Sekretariat KTKI

 

Kata Penutup

Sobat Sibakua juga dapat mengecek STR Online versi terbaru yaitu 2.0 melalui QRCODE. STR akan dikirim melalui Kantor POS Kecamatan sesuai dengan isian alamat yang sudah sobat isi sebelumnya.

Bagaimana, apakah panduan diatas cukup membantu mu dalam menjelaskan proses dan alur pendaftaran STR online kali ini? Bila iya, sebagai bentuk kontribusimu, kalian bisa membagikan link postingan ini di media sosial kalian untuk membantu teman teman satu profesi mu dalam mendapatkan STR secepatnya.