Cara Mengurus SIM A, B1, B2 2020 Lengkap Syarat Dan Ketentuan

Surat Izin Mengemudi atau biasa disingkat dengan Istilah “SIM” merupakan salah satu dokumen penting yang harus dilengkapi oleh semua pengendara.

Baik itu pengendara sepeda motor, Mobil dan lain sebagainya, sangat penting untuk melengkapi surat kelengkapan Terlebih dahulu. Berbeda dengan cara membuat SIM C terbaru tahun 2020 yang diperuntukkan untuk mereka para pengendara sepeda motor.

mengurus sim a b1 b2

Untuk proses pembuatan SIM A, B1, dan B2 diperuntukkan untuk para pengendara kendaraan beroda empat dan alat berat yang dibedakan menurut berat muatannya.

Kabar baik Bagi Sobat sibakua yang ingin membuat SIM A, B1, dan B2 apakah cara nya sama dengan pembuatan SIM C? apa saja syaratnya? Dan apa saja ketentuan yang perlu kita tahu dalam proses pembuatan SIM A, B1 dan B2?

Baca juga : Cara Mengurus SIM C Lengkap Syarat Dan Ketentuan

Sama halnya dalam pembuatan SIM C , dalam proses pembuatan SIM A, B1 dan B2 juga tidak diberikan begitu saja melainkan harus melewati serangkaian tes mencakup tes ujian teori dan juga tes ujian praktik.

Nah, selengkapnya Sobat sibakua sanggup SIMak Cara membuat SIM A, B1 dan B2 lengkap dengan ketentuan dan syarat –syarat nya. Mulai dari Dokumen yang perlu dibawa, syarat mendaftar hingga dengan tahap SIMpulan yaitu menerima SIM. Sebagai berikut klarifikasi singkatnya.

 

Cara Membuat SIM A, B1, B2 lengkap Syarat dan Ketentuannya

Fungsi menurut jenis SIM :

SIM A berfungsi untuk mengemudikan kendaraan beroda empat penumpang/barang yang tidak lebih beratnya sebesar 3500 kg.
SIM B1 Berfungsi untuk mengemudikan kendaraan beroda empat penumpang/barang yang beratnya melebihi sebesar 3.500 kg.
SIM B2 Berfungsi untuk mengemudikan alat berat ibarat kendaraan penarik yang beratnya lebih dari 1.000 kg.

Batas Usia Minimal Membuat SIM :

SIM A : 17 Tahun keatas
SIM B1 : 20 Tahun keatas
SIM B2 : 21 Tahun keatas

Syarat secara Administratif yaitu:

Memilki Kartu Tsobat sibakua Penduduk (KTP)
Memiliki Surat Keterangan Sehat dari dokter
Mengambil dan Mengisi Formulir permohonan pembuatan SIM
Lulus dalam ujian tes baik teori maupun praktik

Syarat lainnya yaitu :

Untuk sanggup membuat SIM B1 maka, harus mempunyai SIM A Minimal 12 bulan
Untuk sanggup membuat SIM B2 maka, harus mempunyai SIM B1 Minimal 12 bulan
Membayar biaya pembuatan SIM gres yang sudah ditentukan

Biaya Pembuatan SIM Baru :

Pembuatan SIM A, B1 dan B2 : Rp. 120.000
Asuransi : Rp 30.000

Cara Membuat SIM Baru :

Membawa dokumen penting ibarat Fotocopy KTP dan Surat Keterangan Sehat dari dokter atau puskesmas.
Mengambil dan mengisi Formulir Permohonan pembuatan SIM Baru lalu serahkan ke petugas loket. Kemudian tunggu hingga Nama sobat sibakua dipanggil.
Mengikuti Ujian terdiri dari Ujian Teori dan Ujian Praktik.
Setelah dinyatakan lulus dari ujian Teori maupun praktik, tahap selanjutnya ialah Tsobat sibakua tangan, Pengambilan Sidik Jari dan juga Foto.
Setelah semua hal diatas berjalan dengan lancar, Sobat sibakua tinggal menunggu nama sobat sibakua dipanggil untuk mengambil SIM gres tersebut.

Uraian diatas merupakan Syarat dan ketentuan dan cara membuat SIM A, B1, DAN B2 Terbaru tahun 2020. Patikan bahwa Sobat sibakua sanggup mengikuti semua proses sesuai dengan tata cara dan mekanisme yang telah diuraikan diatas.

Dengan demikian, Jika sudah memilki SIM Sesuai dengan kendaraan, Sobat sibakua ikut membuat Keselamatan tidak hanya bagi diri sendiri, tetapi juga bagi orang lain. Ketika berkendara Sobat sibakua juga tidak perlu khawatir lagi di tilang polisi yang sedang bertugas.

Dengan mempunyai SIM A, B1 dan B2 juga memudahkan Sobat sibakua untuk melamar pekerjaan sebagai syarat mutlak dalam pekerjaan yang berurusan dengan mengoperasionalkan kendaraan beroda empat atau alat berat. Semoga Informasi ini bermanfaat dan Terima kasih.