Cara Mengurus SIM C 2020 Lengkap Syarat Dan Ketentuan

Bagaimana cara membuat SIM C terbaru? Buat kalian yang ingin mengurus surat izin mengemudi untuk motor atau kendaraan roda dua, harus mengikuti berbagai syarat dan proses ujian terlebih dahulu di kantor samsat terdekat. Kali ini sibakua akan memberikan penjelasannya secara lengkap.

Dalam berkendara, sudah pastinya kita harus fokus dan berhati –hati biar tidak terjadi hal –hal yang tidak diinginkan. Tidak lepas dari itu semua untuk dapat berkendara dengan Aman, khususnya di area yang tertib kemudian lintas Sobat sibakua harus mempunyai kelengkapan surat yang sudah ditentukan.

cara mengurus sim c

Surat – surat Tersebut berupa SIM (Surat Izin Mengemudi), STNK (Surat Tsobat sibakua Nomor Kendaraan) dan banyak sekali surat kelengkapan yang lainnya.

Baca juga : Cara Mengurus SIM A, B1, B2 Lengkap Syarat Dan Ketentuan

Jika Sobat sibakua belum memilikinya sebaiknya Sobat sibakua segera untuk mulai mengurusnya. Khususnya pada article ini diperuntukkan untuk Sobat sibakua yang ingin mengurus atau menciptakan SIM C pada tahun 2020.

Bagaimana Cara nya? Atau syarat apa saja kah yang perlu dilengkapi? Dan Ketentuan apa saja yang perlu diketahui?
Dengan mempunyai SIM, Ini dapat memudahkan Sobat sibakua untuk berkendara dengan Aman tanpa khawatir ditilang oleh polisi yang sedang bertugas dan juga kondusif bagi Sobat sibakua yang tetap mematuhi peraturan kemudian lintas yang ada.

Surat Izin Mengemudi atau yang biasa disingkat dengan kata SIM tidak diberikan dengan gampang begitu saja, tetapi harus mengikuti serangkaian tes mencakup tes teori dan praktik.

Nah, Uraian dibawah ini akan bantu Sobat sibakua untuk dapat mengetahui proses pembuatan SIM C yang baik 2020 lengkap dengan syarat dan ketentuan.

Persiapkan semua persyaratannya terlebih dahulu supaya kalian tidak bolak balik. Jangan mencoba untuk menyogok petugas untuk mempercepat proses pembuatan SIM, Yuk kita SIMak uraiannya sebagai berikut.

 

Cara Membuat SIM C Lengkap Syarat dan Ketentuannya

Syarat Pembuatan SIM C :

Usia Minimal ialah 17 Tahun
Mempunyai KTP (Kartu Tsobat sibakua Penduduk)
Sehat Jasmani dan Rohani
Melengkapi Formulir pendaftaran
Lulus teori yang diujikan baik tes teori maupun praktik.
(Catatan : Lebih baik untuk mengenakan pakaian yang rapi dan juga Sepatu)

Proses pembuatan SIM C :

Lengkapi dokumen ibarat Fotocopy KTP, Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani
Mengambil Formulir permohonan pembuatan SIM C Baru
Membayar Asuransi sebesar Rp.30.000 (tidak wajib)
Melengkapi dan Isi formulir yang telah diambil dengan data diri lengkap dan benar.
Mengikuti Ujian yakni Ujian tes Teori. Jika dalam tahap ini Sobat sibakua lulus maka, tahap selanjutnya lakukan Ujian Praktik.

Apabila Sobat sibakua sudah lulus semua tes Ujian, Maka Selanjutnya akan dilakukan Pengambilan Sidik Jari dan Foto.

Setelah semua hal diatas selesai maka Tahap terakhir ialah Mengambil SIM. Sobat sibakua tidak perlu menunggu usang atau hingga beberapa hari sebab SIM akan jadi pada hari itu juga.

(Catatan : Jika Sobat sibakua gagal dalam Ujian tes teori atau praktik, Maka Sobat sibakua masih mempunyai kesempatan untuk mengulang Ujian tersebut.

Tips cantik untuk dapat lulus pada ujian tes tersebut ialah mempelajari nya secara online terlebih dahulu atau membaca buku –buku soal hukum kemudian lintas untuk ujian teori.

Sedangkan untuk latihan ujian praktik Sobat sibakua dapat latihan pada Umumnya Hari Minggu Pukul 08.00 -16.00.)

Uraian diatas merupakan Cara buat SIM yang dilengkapi dengan syarat dan ketentuan terbaru tahun 2020. Dengan mengetahui seputar isu ini Sobat sibakua tidak akan kebingungan lagi, dan tinggal mengikuti proses sesuai mekanisme dan melengkapi persyaratannya.

Pastikan Sobat sibakua menyimak baik-baik dan apabila ada yang kurang dimengerti, tanyakanlah pada petugas yang siap untuk bantu Sobat sibakua.

Apabila ada rekan lain yang membutuhkan isu serupa, ibarat keluarga, teman atau sobat jangan segan untuk membuatkan isu yang faktual ini. Semoga isu ini bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung. Semoga juga kalian tidak terkena Tilang oleh Petugas sebab tidak mempunyai surat SIM termasuk STNK.