Cara Ampuh Menghilangkan Pegal Saat Masuk Angin Menyerang

Siapa dari kalian yang pernah merasakan masuk angin dan pegal-pegal di bagian tubuh? Biasanya pegal menyerang setelah melakukan kegiatan atau aktivitas berat, seperti misalnya mengangkat barang-barang berat atau bekerja lembur. Nah kali, ini sibakkua akan memberikan beberapa tips kepada kalian untuk menghilangkan pegal-pegal dan masuk angin.

Pegal bisa berbeda-beda faktor penyebabnya. Banyak bergerak bisa menjadikan tubuh menjadi lebih cepat pegal. Pada aktivitas tertentu, rasa pegal bisa juga disertai dengan nyeri ringan, hingga nyeri berat. Namun, rasa pegal tidak selalu diakibatkan oleh tingginya aktivitas harian Kamu. Meski Kamu jarang bergerak, rasa pegal juga tetap bisa menghampiri. Serba salah memang, namun begitulah karakteristik tulang manusia, yang akan mudah mengalami pegal, bagaimanapun aktivitas kita.

Meski pegal sering mudah menghampiri, kita harus tetap bisa merespon rasa pegal tersebut secara wajar. Usahakan untuk tetap tenang dan tetap melanjutkan aktivitas Kamu. Jangan sampai hanya karena adanya rasa pegal, aktivitas jadi terhambat.

Pegal juga tidak mengenal kondisi tubuh. Seringkali ketika tubuh sedang tidak fit, atau sedang masuk angin misalnya, rasa pegal justru semakin menjadi-jadi, bahkan terasa di sekujur tubuh. Rasa pegal yang memang tak bisa dihindarkan ini tetap bisa Kamu kendalikan, yaitu dengan sesegera mungkin menghilangkan rasa pegal saat muncul.

 

Lalu bagaimana cara menghilangkan pegal saat masuk angin menyerang?

mengatasi pegal masuk angin

Untuk menghilangkan pegal dan masuk angin sebisa mungkin kita menggunakan cara tradisional yang lebih alami dan menyehatkan serta tidak memiliki resiko efek samping. Beberapa cara alami yang direkomendasikan adalah sebagai berikut :

 

1. Minum obat herbal dari ramuan tradisional

Kamu bisa meracik minuman tradisional herbal yang dapat mengusir angin dari tubuh, seperti misalnya minuman yang berasal dari madu dan lemon, teh hijau, teh jahe, bawang putih dan juga mandi air hangat.

Selain itu kamu juga bisa mengkonsumsi makanan pedas atau sup ayam yang hangat untuk menghangatkan tubuh dan menghilangkan angin. Jangan lupa untuk menggunakan minyak kayu putih atau balsem seperlunya.

 

2. Pijat tradisional

Kamu bisa meminta bantuan dari orang untuk memijat bagian bahu, untuk menghilangkan pegal, karena bagian ini merupakan bagian yang sering mengalami pegal dan letih otot. Tegakkan lehermu kemudian posisikan tubuh dengan cara merubah menghadap ke bawah, dan olesi minyak ketika hendak memijat bagian yang dirasa pegal.

 

3. Menempelkan koyo instan pereda pegal

Salah satu caranya adalah dengan menempelkan koyo instan pereda pegal pada bagian tubuh yang terserang pegal. Jika Kamu terbiasa menghilangkan pegal dengan cara dipijit, maka selain menempelkan koyo instan pereda pegal, Kamu juga bisa melakukan pijitan di area yang mengalami pegal supaya rasa pegal tersebut bisa hilang lebih cepat. Namun, bersamaan dengan usaha Kamu dalam menghilangkan rasa pegal-pegal di tubuh saat sedang masuk angin, akan lebih baik lagi jika Kamu juga melakukan pengobatan untuk mengusir angin yang hinggap di dalam tubuh.

Terlebih mengingat bahwa pegal-pegal yang kamu rasakan tersebut bisa jadi berasal dari masuk angin yang sedang kamu derita. Pengobatan masuk angin bisa dengan meminum obat anti masuk angin, menjaga pola makan hidup sehat, serta dengan istirahat yang cukup.

 

Agar lebih jelas bagaimana kaitannya antara munculnya pegal-pegal saat masuk angin, sekaligus untuk mengetahui apa saja cara terbaik yang perlu dilakukan ketika mengalami pegal saat masuk angin, Kamu bisa mencari informasi selengkapnya di sini https://www.id.hansaplast.co.id/majalah/sports-and-activity/local/id/Masuk-Angin

Demikianlah pembahasan sibakua seputar cara untuk menghilangkan pegal dan masuk angin di tubuh secara lebih efektif dan efisien. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk kalian yang sering mengalami kedua penyakit tersebut. Terimakasih sudah berkunjung dan jangan lupa share artikel ini.